adopt your own virtual pet!

contact person

Sabtu, 25 Oktober 2014

RPP kelas 4



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan      : SD Negeri...
Kelas/ Semester           : IV/ 1 (satu)
Tema/ Subtema           : Indahnya Kebersamaan/ Keberagaman Budaya Bangsaku
Alokasi Waktu            : 1 x Pertemuan (6 x 35 menit)

A.    Kompetensi Inti (KI)
1.      Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan bertanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
B.     Kompetensi Dasar dan Indikator
SBdP
Kompetensi Dasar
3.3   Mengenal tari-tari daerah dan keunikan geraknya
4.10 Memperagakan makna gerak ke dalam bentuk tari bertema dengan mengacu pada            gaya tari daerah berdasarkan ruang gerak
Indikator
3.3.1 Menjelaskan (asal, keunikan gerakan) salah satu tarian adat (tari Kipas)
BahasaIndonesia
Kompetensi Dasar
3.1 Menggali informasi dari teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi
      panas, bunyi, dan cahaya dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia
      lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.1 Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks laporan hasil pengamatan tentang gaya,       gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan      memilih dan memilah kosakata baku
Indikator
3.1.1 Menjelaskan persamaan antara dua rumah adat yang disajikan
3.1.2 Menjelaskan perbedaan antara dua rumah adat yang disajikan
Matematika
Kompetensi Dasar
3.12 Mengenal sudut siku-siku melalui pengamatan dan membandingkannya dengan         sudut yang berbeda
4.13 Merepresentasikan sudut lancip dan sudut tumpul dalam bangun datar
Indikator
4.13.1 Membedakan jenis sudut lancip, tumpul, dan siku-siku
4.13.2 Mengukur besar sudut dengan menggunakan busur
4.13.3 Mendeskripsikan bentuk-bentuk sudut
C.    Tujuan Pembelajaran
1.      Setelah membaca teks dan mengamati gambar, siswa mampu menjelaskan perbedaan
antara dua rumah adat dengan benar.
2.      Setelah membaca teks dan mengamati gambar, siswa mampu menjelaskan persamaan
antara dua rumah adat dengan benar.
3.      Setelah bereksplorasi, siswa mampu membedakan jenis sudut lancip, tumpul, dan siku-siku dengan benar.
4.      Setelah bereksplorasi, siswa mampu mengukur besar sudut dengan menggunakan busur dengan benar.
5.      Setelah membaca teks dan berdiskusi, siswa mampu menjelaskan (asal, keunikan gerakan) salah satu tarian adat (tari Kipas) dengan benar.
D.    Materi Pembelajaran
B.Indonesia          : Membaca
Matematika          : Sudut
SBdP                    : Gerakan Tarian
E.     Metode dan Pendekatan Pembelajaran
Metode                 : Tanya Jawab dan Diskusi
Pendekatan          : Saintifik (mengamati, menanya, mengumpulkan informasi,     eksperimen, mengasosiasi, dan mengkomunikaasikan)
F.     Media, Alat, dan Sumber Belajar
Media                   : Busur, penggaris, dan benang.
Sumber Belajar      : Indahnya Kebersamaan Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum                                2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014).
G.    Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.      Guru membuka pelajaran dengan menyapa siswa dan menanyakan kabar mereka.
2.      Guru meminta salah seorang siswa untuk memimpin doa
3.      Guru melakukan apresiasi sebagai awal komunikasi guru sebelum melaksanakan pembelajaran inti.
4.      Guru memberi motivasi kepada siswa agar semangat dalam mengikuti pebelajaran yang akan dilaksanakan.
5.      Siswa mendengarkan penjelasan dari guru kegiatan yang akan dilakukan hari ini dan apa tujuan yang akan dicapai dari kegiatantersebut dengan bahasa yang sederhana dan dapat dipahami.
10 menit
Inti
1.      Siswa membaca teks tentang rumah adat dan mengamati bentuknya.
Rumah Panjang merupakan rumah tradisional suku Dayak Kalimantan. Rumah ini memiliki bentuk memanjang dengan panjang kurang lebih 50 meter. Keunikan rumah ini terlihat dari bentuk bangunannya yang panjang. Banyak kepala keluarga yang tinggal didalamnya. Namun sayang sekali, rumah unik seperti ini sudah jarang ditemukan. Hanya beberapa bangunan saja yang bertahan dan masih berpenghuni.
Rumah Lontik merupakan rumah adat Riau, disebut juga Rumah Lancang. Bentuk atapnya melengkung ke atas, agak runcing, seperti tanduk kerbau. Dindingnya miring seperti perahu atau lancang. Hal itu melambangkan penghormatan kepada Tuhan dan sesama. Rumah adat Lontik dipengaruhi oleh kebudayaan Minangkabau. Rumah ini banyak terdapat di daerah perbatasan Sumatra Barat. Jumlah anak tangga Rumah Lontik biasanya berjumlah ganjil.
2.      Siswa membuat 2 pertanyaan berdasarkan teks tentang Rumah Panjang dan Rumah Lontik, kemudian menukarkan pertanyaan tersebut dengan teman sebelahnya untuk dijawab.
3.      Siswa mencari persamaan dan perbedaan dari dua rumah adat yang disediakan. (Penilaian no. 3)
4.      Siswa menemukan sudut lancip, tumpul, dan siku-siku. Siswa menunjukkan jawabannya dengan cara melingkari sudut yang dimaksud dan memberinya nama.
5.      Siswa saling mengonfirmasikan jawabannya dengan pasangannya. Guru memberikan penguatan terhadap jawaban-jawaban siswa.

Dua sinar garis yang memiliki titik pangkal yang sama akan membentuk suatu  sudut. Titik pangkal yang sama itu disebut titik sudut, sedangkan dua sinar garis disebut sisi-sisi sudut.
Jenis-Jenis Sudut
1. Sudut Lancip
Suatu sudut disebut sudut lancip jika ukuran sudutnya antara 0 dan 90 derajat (0 < sudut lancip < 90 ). Sudut-sudut berikut adalah sudut lancip.
2. Sudut Tumpul
Suatu sudut disebut sudut tumpul jika ukuran sudutnya antara 90 dan 180 derajat (90 < sudut tumpul < 180 ). Sudut-sudut berikut semuanya adalah sudut tumpul.
3. Sudut Siku-Siku
Suatu sudut disebut sudut siku-siku jika ukurannya adalah 90 derajat.
6.      Untuk melatih daya analisis dan kemampuan bernalar, guru memberikan pertanyaan tambahan:
-          Mengapa bentuk atap sebuah rumah memiliki besar sudut yang berbeda?
-          Apa pengaruhnya?
(Penilaian no. 2)
7.      Siswa memperhatikan benda, misalnya buku, meja, dan papan tulis yang ditunjukkan guru.
8.      Siswa menerka jenis sudut pada benda itu.
9.      Guru menunjukkan cara menghitung besar sudut benda di depan kelas untuk membuktikan jenis sudut pada benda dengan menggunakan busur. (Penilaian no. 1)
Mengukur Sudut
Suatu busur, seperti pada gambar berikut, biasanya digunakan untuk mengukur sudut. Bentuknya berupa setengah lingkaran dan memiliki dua skala yang ditandai dari 0º sampai 180º.
Untuk mengukur sudut ABC, tempatkan busur sehingga sudut titik pusatnya terletak di atas titik sudut B; dan alas dari busur tersebut berimpit dengan sisi BA,
Kita menggunakan skala bagian dalam untuk menentukan ukuran sudut ABC, sehingga dari situ kita melihat bahwa sudut tersebut berukuran 60º. Kita tuliskan fakta ini sebagai berikut.
ABC = 60o
Untuk menentukan ukuran sudut PQR, letakkan busur seperti semula dan gunakan skala bagian luar.
Dengan cara itu, kita mengetahui bahwa sudut PQR berukuran
120º. Kita tuliskan fakta ini dengan PQR =120o
10.  Siswa mencari 5 benda yang ada di sekitar mereka dan mengisi tabel (sesuai yang tertera pada buku siswa).
11.  Siswa menerka besar dan jenis sudut (sudut lancip, tumpul, dan siku-siku) sesuai dengan benda yang mereka pilih. Siswa kemudian mengurutkan benda-benda tersebut berdasarkan besar sudut (bisa mulai dari yang terkecil hingga yang terbesar atau sebaliknya).
12.  Siswa membuktikan jenis sudut pada setiap benda dengan cara mengukur besar sudut tiap benda dengan menggunakan busur dan memeriksa apakah terkaan mereka benar.
13.  Siswa membaca dan menjawab pertanyaan berdasarkan teks tarian tradisional. (Penilaian no. 4)
Tari Kipas Pakarena merupakan kesenian tari yang berasal dari Gowa, Sulawesi Selatan. Tarian ini sudah menjadi tradisi di kalangan masyarakat Gowa yang merupakan bekas Kerajaan Gowa. Kisahnya berawal dari perpisahan antara penghuni Boting Langi (negeri khayangan) dan penghuni Lino (bumi) pada zaman dahulu. Konon, sebelum berpisah, penghuni Boting Langi sempat mengajarkan kepada penghuni Lino cara menjalani hidup, seperti bercocok tanam, beternak, dan berburu. Cerita itu diabadikan dalam gerakan tarian. Makna gerakan tari Kipas Pakarena, seperti gerakan berputar searah jarum jam, melambangkan siklus hidup manusia. Gerakan naik turun mencerminkan roda kehidupan yang kadang berada di bawah dan kadang di atas. Cara menari yang lembut mencerminkan karakter perempuan Gowa yang sopan, setia, patuh, dan hormat. Secara keseluruhan gerakan tari ini mengungkapkan rasa syukur.
Jawablah pertanyaan di bawah ini!
1. Apa yang kamu ketahui tentang tari Kipas Pakarena?
2. Bagaimana makna gerakan dalam tari Kipas Pakarena?
14.  Siswa dapat mencoba gerakan tarian tersebut dengan bimbingan guru.
15.  Bersama teman kelompoknya, siswa menemukan gerakan-gerakan beserta jenis-jenis sudut yang dihasilkannya. Gambar harus memuat ketiga jenis sudut dan menyebutkan besarannya.
16.  Siswa dapat mempraktikannya terlebih dahulu.
17.  Bersama teman kelompoknya, siswa menemukan gerakan-gerakan beserta jenis-jenis sudut yang dihasilkannya. Gambar harus memuat ketiga jenis sudut dan menyebutkan besarannya.
18.  Siswa dapat mempraktikannya terlebih dahulu.
19.  Siswa menjawab pertanyaan perenungan yang ada pada buku siswa.
20.  Guru dapat menambahkan pertanyaan perenungan berdasarkan perenungan di halaman 150.

155 menit
Penutup
1.      Siswa bersama-sama guru membuat rangkuman/ simpulan dari kegiatan hari itu.
2.      Siswa melakukan perenungan dengan menjawab pertanyaan yang terdapat dalam buku siswa.
3.      Guru meminta salah seorang siswa ubtuk memimpin doa.
10    menit

H.    Penilaian
1.      Daftar periksa untuk sudut dalam gambar gerakan dan mengukur sudut. (Matematika)
Kriteria Penilaian
Ketercapaian
Ya
Tidak
Siswa dapatmenerapkan pemahaman sudut lancip, tumpul, dan siku-siku dalam gambar.


Siswa dapat mengukursudut dengan tepat


2.      Rubik Diskusi
Kriteria
Bagus Sekali
Cukup
Berlatih Lagi
Mendengarkan
Selalu mendengarkan teman yang sedang



(3)
Mendengarkan teman yang
berbicara namun sesekali
masih perlu diingatkan.
(2)√
Masih perlu diingatkan
untuk mendengarkan
teman yang sedang
berbicara.
(1)
Komunikasi non verbal (kontak mata, bahasa tubuh, ekspresiwajah, suara)
Merespons dan
menerapkan komunikasi
non verbal dengan tepat.



(3)√
Merespons dengan tepat
terhadap komunikasi non
verbal yang ditunjukkan
teman.

(2)
Membutuhkan bantuan
dalam memahami bentuk
komunikasi non verbal
yang ditunjukkan teman.
(1)
Partisipasi (menyampaikan ide, perasaan, pikiran)
Isi gagasan menginspirasi
teman. Selalu mendukung
dan memimpin saat
diskusi.
Merespons sesuai dengan
topik
(3)
Berbicara dan
menerangkan secara rinci,
Merespons sesuai dengan
topik.
Isi gagasn kurang
mengispirasi teman

(2)
Jarang berbicara
selama proses diskusi
berlangsung.





(1)√
Keruntutan berbicara
Menyampaikan
pendapatnya secara runtut
dari awal hingga akhir.
(3)
Menyampaikan
pendapatnya secara runtut,
tetapi belum konsisten.
(2)√
Masih perlu berlatih
untuk berbicara secara
runtut.
(1)

Catatan: Centang(√) pada bagian yang memenuhi kriteria.
Penilaian:       total nilai         x 10
                        12
Contoh:      2+3+1+2                   x 10 =  8  x  10 = 6,7
                     12                      12
3.      Daftar periksa untuk sikap menunjukan keberagaman. (Bahasa Indonesia)
Kriteria Penilaian
Ketercapaian
Ya
Tidak
Menuliskan dua perbedaan rumah adat


Menuliskan dua persamaan rumah adat


4.      Lembar kerja menjawab pertanyaan dalam teks dinilai dengan nilai angka. (SBdP)
5.      Penilaian sikap (toleransi, rasa ingin tahu, dan teliti). Contoh terlampir di halaman 151.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar